JAWABAN SOAL AGAMA ISLAM KELAS XI
I.BERANI HIDUP JUJUR
Soal Esay : Jawablah soal-soal
berikut dengan tepat !
1. Mengapa kita harus berani
membela kebenaran dan kejujuran ?
2. Buatlah contoh perilaku yang
menggambaarkan berani dalam membela
kebenaran !
3. Buatlah contoh perilaku yang
menggambarkan bernani dalam membela
kejujuran !
4. Tuliskan artinya dan jelaskan
maksud dari hadits berikut ! “Qulilhaqqu
walaukanna murran”
5. Jelaskan manfaat dari perilaku berani dalam kebenaran dan
kejujuran !
Jawab
1.
Kita harus menegakkan kejujuran karena agar
sesuatu yang dilakukan dengan perbuatan jujur dan benar dapat mendapatkan
barokah dari apa yang mereka lakukan.
2.
Contoh perilaku membela kebenaran :
- Berani
melerai mereka yang sedang bertengkar
- Berani
melaporkan bahwa ada teman yang mencintek
- Berani
menentukan sesuatu yang benar dan sesuai dengan ajaran islam
3.
Contoh perilaku membela kejujuran :
- Tidak memberikan laporan apapun dengan laporan
yang palsu
- Tidak memfitnah orang lain
- Tidak percaya dengan berita palsu
4.
Artinya Katakanlah kebenaran walau itu pahit
Makna : Kebenaran tetap
diterapkan walau ada celaan dan ada yang tidak suka. Inilah prinsip yang
diajarkan dalam Islam oleh Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Nasehat ini beliau sampaikan pada sahabat mulia Abu Dzarr.
5. 1.Perasaan
enak dan hati tenang, jujur akan membuat kita menjadi tenang,
tidak takut akan
diketahui kebohongannya karena memang tidak
berbohong.
2. Mendapatkan
kemudahan dalam hidupnya.
3. Selamat dari
azab dan bahaya.
4. Dijamin masuk
surga.
1.
5. Dicintai oleh Allah
Swt. dan rasul-Nya.
II. RASUL-RASUL KEKASIH ALLAH SWT
1.Jelaskan perbedaan antara nabi
dan rasul !
2.Mengapa kita harus beriman kepada
nabi dan rasul ?
3.Berilah contoh perilaku yang
mencerminkan bahwa seorang itu beriman
kepada rasul Allah,SWT
(minimal 2 contoh perilaku).
4.Mengapa Allah SWT memberi
mukjizat kepada para rasul ?
5.Buatlah contoh perbuatan seorang
rasul yang menunjukkan bahwa ia
seorang yang as-Siddiq,
Al-Amanah, at-Tablig, dan al-Fatanah !
Jawab
1.
Nabi yaitu orang yang mendapat wahyu dari Allah SWT tetapi tidak
diperintahkan untuk menyampaikan pada umatnya.
rasul yaitu orang yang mendapat wahyu dari Allah SWT tetapi
diperintahkan utk menyampaikan kpd umatnya.
2.
Keimanan seseorang itu tidak sah sampai ia mengimani semua nabi
dan rasul Allah Swt. dan membenarkan bahwa Allah Swt. telah
mengutus mereka
untuk membimbing dan mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada
cahaya
kebenaran. Allah Swt. juga mewajibkan setiap orang Islam supaya
beriman kepada
semua rasul yang diutus oleh-Nya, tanpa membeda-bedakan antara
rasul yang satu
dan yang lainnya.
3.
Jujur dalam perbuatan dan berkata baik dan benar
4.
llah SWT telah memberikan mukjizat-mukjizat yang berbeda-beda
antar Rasul dan Nabi yang ia pilih. Pemberian mukjizat ini bukan tanpa tujuan,
Allah SWT memberikan mujizat ini kepada Rasul antara lain berguna sebagai bukti
kekuasaan Allah SWT, berguna sebagai bukti kebenaran risalah yang dibawah oleh
para Rasul, dan berguna untuk melawan dan melemahkan musuh-musuh Allah SWT.
Sehingga kebenaran dapat ditegakan dan kebathilan dapat dihilangkan.
5.
Rasulullah tidak pernah berbohong ketika di tanya mengenai
sesuatu, rasulullah selalu dapat mangemban amanah yg di berikan kpd nya,
rasulullah selalu menyampaikan wahyu dari allah swt, rasulullah selau dapat
menyelesaikan masalah
III.PRINSIP DAN PRAKTEK EKONOMI
ISLAM
Soal Esay:
1.Sebutkan lima macam usaha untuk
memenuhi kebutuhan dengan cara yang
tidak halal meru-
Gikan orang lain !
2.Kemukakan usaha-usaha yang harus
dilakukan agar setiap kegiatan
transaksi ekonomi itu ber-
Nilai ibadah !
3.Sebutkan tiga contoh jual beli
yang dianggap batil !
4.Kemukakan alasan dalil al-Qur’an
dan hadis bahwa jual beli yang
mengandung unsur kecurangan
itu hukumnya haram !
5.Apa perbedaan antara perbankan konvensional
dan perbankan syari’ah ?
Jawaban
1 1.mencuri,
merampok, menjambret, memalak, menipu
2.memperjual belikan
anak untuk mengemis
3. memperjualbelikan
wanita
4.menjadi depkolektor
(orang yg memberikan jasa hutang tetapi meminta mbalan/bunga besar/banyak)
5.korusi
2. 1. kegiatan ekonomi itu haruslah kegiatan yg halal atau
diperbolehkan dalam agama
2. dimulai dengan basmalah
3. diakhiri dengan hamdalah
4. kegiatan tersebut haruslah dengan niat atau tujuan yang baik
5. jujur
6. Adil
2. dimulai dengan basmalah
3. diakhiri dengan hamdalah
4. kegiatan tersebut haruslah dengan niat atau tujuan yang baik
5. jujur
6. Adil
3.a.menjual anak unta yang masih
dalam kandungan
b.perti memperjualbelikan burung yang terbang dari pemiliknya
c. jual beli kredit dengan kredit
b.perti memperjualbelikan burung yang terbang dari pemiliknya
c. jual beli kredit dengan kredit
4. BAHAYA MENGURANGI TIMBANGAN
DAN TAKARAN
Kecurangan tersebut jelas merupakan satu bentuk praktek sariqah (pencurian) terhadap milik orang lain dan tidak mau bersikap adil dengan sesama.[7] Dengan demikian, bila mengambil milik orang lain melalui takaran dan timbangan yang curang walaupun sedikit saja berakibat ancaman doa kecelakaan. Dan tentu ancaman akan lebih besar bagi siapa saja yang merampas harta dan kekayaan orang lain dalam jumlah yang lebih banyak.
Syaikh ‘Abdurrahmân as-Sa’di rahimahullah dalam tafsirnya mengatakan, “Jika demikian ancaman bagi orang-orang yang mengurangi takaran dan timbangan orang lain, maka orang yang mengambil kekayaan orang lain dengan paksa dan mencurinya, ia lebih pantas terkena ancaman ini daripada muthaffifîn.[8]
Tentang bahaya kecurangan ini terhadap masyarakat, Syaikh ‘Athiyyah Sâlim rahimahullah mengatakan, “Diawalinya pembukaan surat ini dengan doa kecelakaan bagi para pelaku tindakan curang dalam takaran dan timbangan itu menandakan betapa bahayanya perilaku buruk ini. Dan memang betul, hal itu merupakan perbuatan berbahaya. Karena timbangan dan takaran menjadi tumpuan roda perekonomian dunia dan asas dalam transaksi. Jika ada kecurangan di dalamnya, maka akan menimbulkan khalal (kekisruhan) dalam perekonomian, dan pada gilirannya akan mengakibatkan ikhtilâl (kegoncangan) hubungan transaksi. Ini salah satu bentuk kerusakan yang besar” [9]
Kecurangan tersebut jelas merupakan satu bentuk praktek sariqah (pencurian) terhadap milik orang lain dan tidak mau bersikap adil dengan sesama.[7] Dengan demikian, bila mengambil milik orang lain melalui takaran dan timbangan yang curang walaupun sedikit saja berakibat ancaman doa kecelakaan. Dan tentu ancaman akan lebih besar bagi siapa saja yang merampas harta dan kekayaan orang lain dalam jumlah yang lebih banyak.
Syaikh ‘Abdurrahmân as-Sa’di rahimahullah dalam tafsirnya mengatakan, “Jika demikian ancaman bagi orang-orang yang mengurangi takaran dan timbangan orang lain, maka orang yang mengambil kekayaan orang lain dengan paksa dan mencurinya, ia lebih pantas terkena ancaman ini daripada muthaffifîn.[8]
Tentang bahaya kecurangan ini terhadap masyarakat, Syaikh ‘Athiyyah Sâlim rahimahullah mengatakan, “Diawalinya pembukaan surat ini dengan doa kecelakaan bagi para pelaku tindakan curang dalam takaran dan timbangan itu menandakan betapa bahayanya perilaku buruk ini. Dan memang betul, hal itu merupakan perbuatan berbahaya. Karena timbangan dan takaran menjadi tumpuan roda perekonomian dunia dan asas dalam transaksi. Jika ada kecurangan di dalamnya, maka akan menimbulkan khalal (kekisruhan) dalam perekonomian, dan pada gilirannya akan mengakibatkan ikhtilâl (kegoncangan) hubungan transaksi. Ini salah satu bentuk kerusakan yang besar” [9]
5. 1. Perbedaan hukum : bank syariah menggunakan syariah
Islam yang berdasar atas Al-Quran serta Hadist yang mana sudah difatwakan oleh
MUI (Majelis Ulama Indonesia), sedangkan bank konvensional menggunakan hukum
positif yang telah berlaku dan diakui di Indonesia.
2. Perbedaan investasi : bank syariah hanya menerima pengajuan
pinjaman hanya dari jenis usaha yang halal, sedangkan bank konvensional
menerima pengajuan pinjaman dari segala jenis usaha.
3. Perbedaan orientasi : bank syariah berorientasi untuk memperoleh
keuntungan serta mendapatkan kebahagian dan kemakmuran baik di dunia maupun di
akhirat, sedangkan bank konvensional hanya berorientasi untuk memperoleh
keuntungan semata.
4. Perbedaan keuntungan : keuntungan yang diperoleh bank syariah
melalui sistem bagi hasil, sedangkan keuntungan yang diperoleh bank
konvensional berasal dari bunga.
5. Perbedaan nasabah dan bank : hubungan antara nasabah dan bank
syariah ialah sebagai mitra, sedangkan hubungan antara nasabah dan bank
konvensional ialah sebagai kreditur dan debitur.
6. Perbedaan keberasaan dewan pengawas : setiap transaksi yang
dilakukan oleh bank syariah akan diawasi oleh dewan pengawas, yaitu ahli
ekonomi atau ulama yang telah memahami mengenai fiqih muamalah, sedangkan
transaksi yang dilakukan oleh bank konvensial tidak diawasi oleh dewan
pengawas, kecuali hukum positif.
IV. TOLERANSI SEBAGAI ALAT
PEMERSATU BANGSA
Soal Esay :
1 Mengapa kita harus berprilaku
toleransi ?
2. Tuliskan dan Jelaskan isi
Q.S.al-Maidah : 32 !
3. Kemukakan pendapatmu jika ada
pemimpin yang membiarkan adanya
intoleransi !
4.Sebutkan hadis yang menjelaskan
pentingnya perilaku toleransi !
5.Mengapa kita dianjurkan untuk
berkompetisi dalam kebaikan ?
6.Bagaimana caranya kita
menerapkan sikap toleransi ditengah
masyarakat
kita yang
Heterogen ?
Jawab
1.
Alasan mengapa kita harus berperilaku toleransi, sebab berperilaku
toleransi telah diatur dalam Al-Quran serta diwajibkan kepada setiap insan
manusia. Selain itu toleransi merupakan salah satu dasar kehidupan yang sangat
penting. Tanpa adanya sikap toleransi, selain tidak menciptakan kerukunan,
keharmonisan, serta keseimbangan dalam hidup, tidak adanya sikap toleransi juga
dapat menghantarkan bangsa tercinta kita bangsa Indonesia ke dalam jurang
Disintegrasi (Perpecahan).
2.
Dalam Qs. Al-Ma'idah ayat 32, memiliki isi kandungan bahwa kita
sebagai manusia dilarang membunuh manusia lainnya, selain itu kita juga
dilarang untuk membuat kerusakan dimuka bumi. Perilaku yang seharusnya kita
lakukan adalah saling menyayangi serta menjaga kelestarian lingkungan kita.
3.
Jelas hal ini sangat bertentangan, saya pribadi tentu akan
mengecam keras akan tindakan yang dilakukan pemimpin tersebut. Seharusnya
pemimpin menciptakan keamanan dan kenyamanan kepada setiap individu
masyarakatnya selama tidak bertentangan dengan hukum Allah.
4.
Ø£َÙ†َّ رَسُولَ اللَّÙ‡ِ صَÙ„َّÙ‰ اللَّÙ‡ُ عَÙ„َÙŠْÙ‡ِ ÙˆَسَÙ„َّÙ…َ Ù‚َالَ
رَØِÙ…َ اللَّÙ‡ُ رَجُÙ„ًا سَÙ…ْØًا Ø¥ِذَا بَاعَ ÙˆَØ¥ِذَا اشْتَرَÙ‰ ÙˆَØ¥ِذَا اقْتَضَÙ‰.
Bahwasanya Rasulullah
saw. bersabda: “Allah merahmati orang yang memudahkan ketika menjual dan ketika
membeli, dan ketika memutuskan perkara”.
5.
Sebab, dengan kita berkompetisi dalam kebaikan / fastabiqul
khairat, hal tersebut memacu kita untuk senantiasa selalu berbuat kebaikan
karena kita ingin menang. Tanpa
disadari, hal ini mampu menjadikan kita menjadi manusia yang lebih bertakwa.
6.
Menghormati Hak dan Kewajiban Antar Umat
Beragama
Membangun dan Memperbaiki Sarana Umum
Membantu Korban Kecelakaan dan Bencana Alam
Gotong Royong Membersihkan Kampung
Menghormati Ibadah Orang Lain
Tidak Memaksakan Agama Kepada Orang Lain
Saling Menyayangi
V.PEMBAHARU ISLAM PERIODE MODERN
Soal Esay :
1.Apa alasan bangsa Eropa menjajah
negara-negara Islam atau negara
berpenduduk mayoritas
Muslim?
2.Bagaimanakah pemikiran
pembaharuan yang digagas oleh Jamaluddim Al-
Afgani ?
3.Apa saja usaha-usaha yang dilakukan
oleh Sayyid Ahmad Khan untuk
memajukan umat Islam
India dibidang iptek ?
4.Apa hikmah mempelajari
perkembangan Islam pada masa modern?
5.Seperti apakah contoh peristiwa
perkembangan Islam di bidang ilmu
pengetahuan pada masa
Modern?
6.sebutkan organisasi serta tokoh-tokoh pembaharu Islam di
Indonesia!
Jawaban
. Alasan bangsa Eropa menjajah negara negara islam atau negara
perpenduduk mayoritas islam adalah untuk menguasai sumber daya alam, yang
awalnya adalah untuk menguasai perdagangan rempah-rempah.
2. Pembaharuan pemikiran yang di propagandakan oleh Jamaludin Al
Afghani adalah pan-Islamisme dan Modernisme Islam
3. Jelaskan usaha usaha yang dilakukan oleh Sayyid Ahmad Khan untuk
memajukan umat islam india di bidang iptek adalah mendorong modernisasi Islam
di India dan mendirikan Universitas Aligarh.
4. Hikmat mempelajari perkembangan Islam pada masa modern adalah
memberikan pengetahuan untuk mengimplementasikan ajaran Islam dalam konteks
masyarakat modern
5. Contoh peristiwa perkembangan islam dibidang ilmu pengetahuan
pada masa modern adalah dianugerahkannya Hadiah Nobel kepada ilmuwan-ilmuwan
muslim.
Jawaban Panjang:
Penjelasan dari jawaban tersebut adalah:
1. Penjajahan negara
muslim berawal jari Jaman Penjelajahan (Age of Discovery) di akhir abad ke 15
Masehi, ketika bangsa Portugis dan Spanyol melakukan penjelajahan ke Asia Timur
untuk menemukan dan menguasai jalur dan tempat asal rempah-rempah. Penjelajahan
ini mebawa mereka ke India dan Indonesia. Portugis dan Spanyol lalu berusaha menguasai
perdagangan rempah-rempah ini, sehingga Portugis menyerang Kesultanan Malaka
sedang Spanyol berusaha menguasai Maluku. Kesuksesan Portugis dan Spanyol dalam
mengambil untung di penjajahan ini membuat negara Eropa lain seperti Belanda
dan Inggris mengikutinya.
2. Jamaludin al Afghani
adalah ulama Afghanistan yang membawa gerakan persatuan Islam (pan-Islamisme)
dan modernisasi Islam. Gerakan ini menurutnya perlu dilakukan untuk
menyelamatkan umat muslim yang saat itu sedang tertinggal jauh dari orang barat
dari di bidang teknologi dan kekuatan politik. Gerakan ini mengajak umat Islam
untuk bersatu dengan mengesampingkah madhzhab atau aliran, serta mengajak umat
Islam untuk mengadopsi sitem pendidikan dan tekologi orang barat. Selain oleh
Jamaludin al Afghani, gerakan ini juga dipelopori oleh ulama Mesir Muhammad
Abduh.
3. Sayyid Ahmad Khan
adalah ulama India yang mempelopori modernisasi umat Islam di India. Dia
mendirikan lembaga pendidikan Islam pertama di India yang menggunakan kurikulum
barat, yang diberi nama Muhammadan Anglo Oriental College pada tahun 1875.
Kemudian lembaga pendidikan ini berkembang menjadi Universitas Aligarh.
4. Kondisi dunia saat
ini di jaman modern jauh berbeda dengan jaman ketika Islam diturunkan, sehingga
perlu dipelajari perkembangan Islam dan tantangannya pada saat ini untuk bisa
tetap mengamalkan Islam sesuai dengan keadaan zaman. Perkembangan teknologi menghadirkan tantangan
sekaligus peluang, misalnya perkembangan Internet yang bisa digunakan untuk hal
yang bertentangan dengan ajaran agama tapi juga bisa digunakan untuk
berdakwah.
5. Perkembangan Islam
di masa modern ditandai dengan mulai munculnya ilmuwan-ilmuwan besar dari
kalangan muslim. Contohnya adalah: Ahmad Zewail, ilmuwan kimia Mesir yang
memenangi Hadiah Nobel di bidang Kimia pada tahun 1999; BJ Habibi, ilmuwan dan
mantan presiden Indonesia yang merupakan insinyur pesawat dan anggota Royal
Academy of Engineering Inggris; Zaha Hadid, Insiyur dan arsitek muslimah asal Iraq
dan lainya.
6. 1. PARTAI SAREKAT ISLAM
INDONESIA
Sebelum menjadi Sarekat Islam, pada mulanya berasal organisasi
dagang
yang bernama Sarekat Dagang Islam. Didirikan pada 1911 oleh seorang
pengusaha batik terkenal di Sala, yaitu Haji Samanhudi.
Anggota-anggotanya terbatas pada para pengusaha dan pedagang batik,
sebagai usaha untuk membela kepentingan mereka dari tekanan politik
Belanda dan monopoli bahan-bahan batik oleh para pedagang Cina.
Kemudian
akibat pelarangan terhadap Sarekat Dagang Islam oleh Residen
Surakarta,
maka pada 1912 kedudukannya dipindah ke Surabaya dan namanya pun
berganti menjadi Sarekat Islam.
Sarekat Islam dipimpin oleh Haji Umar Said Cokroaminoto. Dan
dibawah
kepemimpinannya Sarekat Islam berkembang mewnjadi sebagai
organisasi
besar dasn berpengaruh, anggota-anggotanya semakin Banyak dan
meliputi
seluruh lapisan masyarakat dan cabang-cabangnya berdiri
dimana-mana.
Tujuannya diperluas, tidak saja urusan dagang dan perekonomiannya,
melainkan lebih luas dan besar yaitu: menentang politik kolonial
Belandadalam segala seginya dengan menggunakan dasar perjuangan
islam.
Dengan tujuan tersebut akhirnya Sarekat Islam memasuki bidang
politik
dan menginginkan suatu pemerintahan yang bebas dari penjajahan
Belanda.
Karena Sarekat Islam diselundupi oleh orang-orang komunis yang
tergabung dalam organisasi Indische Social Democratische Vereniging
(ISDV) pimpinan Sneevliet, seorang kader komunis yg berasal dari
negeri
Belanda, akhirnya tak dapat mengelakkan diri dari perpecacahan, dan
menjadilah SI Putih SI Merah yang beraliran komunis . Sarekat Islam
Putih kemudian meningkatkan diri menjadi satu organisasi politik
Partai
Sarekat Islam Indonesia yang diresmikan pada tahun 1929.
2. PARTAI ISLAM MASJUMI
Partai Islam Masjumi berdiri pada tanggal 7 November 1945 sebagai
hasil keputusan Muktamar Umat Islam Indonesia I yang berlangsung di
Yogyakarta (Gedung Madrasah Mualimin Muhammadiyah) pada tanggal 7-8
November 1945. Kongres ini dihadiri oleh hampir semua tokoh dari
berbagai organisasi Islam dari masa sebelum perang serta pada masa
pendudukan Jepang, seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Sarekat
Islam,
al-Wasliyah, Persis, al-Irsyad, serta tokoh intelektual muslim yang
pada zaman Belanda aktif dalam Jong Islamiten Bond dan Islam Study
Club
dan sebagainya. Dalam kongres tersebut disepakati dan diputuskan
untuk
mendirikan Majlis Syura Pusat bagi umat Islam Indonesia.
Sesungguhnya Partai Masjumi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan
politik organisasi Islam pada akhir zaman penjajah Belanda yang
dikenal
dengan nama MIAI (Majlis Islam A’la Indonesia). MIAI adalah suatu
wadah
federasi dari semua organisasi Islam, baik yang bergerak dalam
bidang
politik praktis maupun yang bergerak dalam bidang sosial
kemasyarakatan
yang didirikan pada tanggal 21 September 1937 di Surabaya atas
inisiatif
KH Mas Masyur (Muhammadiyah), KH Wahab Hasbullah (NU), dan Wondo
Amiseno (Sarekat Islam). Kemudian pada masa pendudukan Jepang
gabungan
gerakan Islam yang juga bersifat federasi semacam MIAI ini
dinamakan
Majlis Syura Muslimin Indonesia (Masjumi).
Post a Comment
0 Comments