KUMPULAN SOAL TLJ(TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN )




SOAL 1

1. Apakah yang dimaksud bandwidth?

·         Bandwidth adalah banyaknya kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik.

2. Apakah yang dimaksud troughput?

·         Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.

3. Sebutkan jenis – jenis bandwidth!

·         Bandwidth Digital
·         Bandwidth Analog

4. Apakah perbedaan antara bandwidth digital dengan bandwith analog?

·         Bandwidth Digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi. Sedangkan Bandwidth Analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

      5. Apakah yang dimaksud PBX?
·         PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut.







SOAL 2

1. Apakah yang dimaksud VoIP?

·         VoIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet dalam proses komunikasinya suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa, dengan arti lain VoIP dapat didefinisikan suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

2. Apakah yang dimaksud Softswitch ?

·         Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini.

3. Sebutkan fitur – fitur softswitch!

·         Abreviated Dialing
·         Call Forwarding
·         Call Waiting Cancel
·         Call Waiting
·         Calling Line Indetification Presentase (CCIP)
·         Clip On Call Waiting Conterence
·         Call Confrex.

4. Bagaimana cara kerja softswitsh dan MGC?

·         Cara Kerja Softswicth dan MGC Disini MGC akan bekerja pada tataran pengaturan panggilannya (call control) serta call processing. lalu MGC akan mengontrol panggilan yang masuk untuk mengetahui jenis media penggilan dan tujuannya sehingga MGC akan  mengirikan sinyal ke MG untuk melakukan koneksi, baik intrakoneksi jaringan sirkuit ke sirkuit atau paket ke paket maupun interkoneksi jaringan sirkuit ke paket dan sebaliknya. Jika diperlukan, MGC kan meminta MG melakukan konversi media yang sesuai dengan permintaan, atau langsung meneruskan panggilan jika tidak diperlukan konversi. Antara MGC dan MG sendiri akan saling berhubungan dengan protokol Megaco atau MGCP (Media Gateway Control Protocol). Sementara itu, satu MGC akan berhubungan dengan MGC yang lain, baik itu yang berada di jaringan yang sama maupun berbeda, dengan mengirimkan protokol sinyal tertentu. Untuk jaringan sirkit, MGC akan mengirimkan SS7 (Signalling System 7), sementara jika berhubungan dengan jaringan paket, maka MGC akan menggunakan H.323 atau SIP (Season Initiation Protocol). Sedangkan MG sendiri hanya akan bekerja sebagai converter antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket. Di sini fungsi softswitch menjadi hanya setara dengan switch analog dan tidak memberikan layanan yang lain. MG juga bisa bekerja di sisi pelanggan maupun penyedia layanan, dimana softwitch bukan hanya berfungsi sebagai converter, namun juga memberikan feature lebih, termasuk dial-tone tentunya. Pada posisi ini, maka softswitch akan bekerja lebih kompleks.

      5. Apakah nama lain dari MGC?
·        Call Agent Aplication
































SOAL 3

1. Gambarkan diagram VoIP!


2. Apakah fungsi gateway?

·         Gateway digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda yaitu antara jaringan H.323 dan jaringan non H.323, sebagai contoh gateway dapat menghubungkan dan menyediakan komunikasi antara terminal H.233 dengan jaringan telepon , misalnya: PSTN.

3. Bagaimana cara kerja VoIP?

·         Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

4. Sebutkan langkah – langkah diagram VoIp!

1.      Computer client 1 mendial computer client 2 dengan memanfaatkan layanan yang diberikan oleh server ipbx.
2.      Computer client 2 menerima panggilan dari computer client 1
3.      Mikrophone computer client 1 menangkap gelombang suara dari user 1
4.      Gelombang suara tersebut akan diubah menjadi paket data digital.
5.      Kemudian akan di kirimkan ke server ipbx melalui HUB
6.      Setelah itu akan diteruskan ke computer klien 2 melalui HUB juga.
7.      Paket data digital tersebut akan di ubah menjadi data analog sehingga akan menjadi gelombang suara yang akan di keluarkan melalui speaker.

5. Apakah yang mempengaruhi komunikasi suara menggunakan Internet Protocol (IP) memiliki perbedaan biaya yang jauh lebih rendah?
·       Packet Switching






SOAL 4

1. Apakah yang dimaksud PBX?

·         PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut

2. Gambarkan proses kerja PBX pada server softswich!



3. Apakah fungsi IP PBX?

·         Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan.

4. Mengapa Layanan PBX cenderung sulit untuk mengatur perusahaan-perusahaan kecil ?



5. Apakah fungsi dari PSTN?



















SOAL 5

1. Apakah yang dimaksud ekstensi dalam server VoIP?

·         Ekstensi  merupakan label dari extension, dapat berupa sebuah string berupa angka, huruf dan simbol yang ada atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon.

2. Sebutkan konfigurasi ekstensi!



3. Apakah yang dimaksud dial plan?



4. Apakah fungsi dari dial plan?

·         Dial Plan berguna sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX secara lokal maupun antar IP-PBX atau biasa disebut dial trunk.

5. Sebutkan konfigurasi dial plan!





Post a Comment

0 Comments